PEMBELAJARAN RAMAH ANAK DAN RAMAH LINGKUNGAN DI SMPN 1 NGUNUT

Penerapan pembelajaran ramah anak – Pembelajaran yang berlangsung di ruang kelas sesungguhnya sebuah interaksi yang bersifat dinamis. Ada interaksi guru dengan siswa, siswa dengan temannya dan siswa dengan sumber belajar. Interaksi yang terjadi di ruang kelas bertujuan untuk mencapai hasil belajar yang diinginkan . Interaksi yang terjadi di ruang kelas semestinya bersifat natural. Maksudnya memperlakukan siswa sebagai objek sekaligus subjek yang belajar. Inti kegiatan di ruang kelas adalah bagaimana siswa belajar dengan baik, meraih hasil belajar memuaskan. Oleh sebab itu pembelajaran hendaknya menempatkan siswa sesuai dengan karakter dan potensi masing-masing. Di SMPN 1 Ngunut pembelajaran ramah anak dilakukan oleh beberapa siswa dan guru mata pelajaran Bahasa Inggris, Pendidikan Budi Pekerti, IPA dan mata pelajaran lainnya.       


Pembelajaran seni budaya yang memanfaatkan flora sebagai  media/alat untuk membuat lukisan

Pembelajaran di luar kelas mata pelajaran Bahasa Inggris dengan sub tema mengenal jenis flora/tubuhan di lingkungan sekolah